Kaltim Presentasi Program Penurunan Emisi Karbon Di AS

SAMARINDA – Pemprov Kaltim terlibat dalam program penurunan emisi karbon yang didanai Bank Dunia. Konsep program bakal dipresentasikan dihadapan 34 negara donor yang tergabung dalam Tim Forest Carbon Partnership Fasility, di Washington DC – Amerika Serikat pada 5-6 Pebruari 2019 nanti.

“Dokumen ini berisi tentang program-program pengurangan emisi dari degradasi dan deforestasi hutan akibat kegiatan usaha dilakukan sektor industri berbasis lahan seperti batubara, kehutanan, perkbunan, dan pertanian,” ujar Ketua Harian Dewan Daerah Perubahan Iklim, Profesor Daddy Ruhyat, di Samarinda, Kamis (31/1).

Setelah paparan, dokumen yang telah disahkan Bank Dunia disosialisasikan Gubernur kepada isntansi terkait. Antara lain Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kaltim, Bupati/Walikota, praktisi usaha dan masyarakat adat. Pelaksanaan pengurangan emisi karbon ini juga sudah masuk dalam program rencana strategis Pemprov Kaltim.

Target pelaksanaan dimulai tahun 2020 hingga 2024 mendatang. Negara-negara donor memberikan plafon Indonesia, melalui Kaltim, dengan target penurunan emisi karbon 20 juta ton. Kompensasinya, Bank Dunia memberikan insentif USD 100 juta dengan perhitungan USD 5 per ton karbon. Diawali ditahun 2022 dan 4 tahun setelah implentasi, hingga pelaksanaan selesai.

“Kaltim mempertaruhkan nama baik. Terutama di Indonesia. Kaltim satu-satunya yang diberikan kepercayaan pemerintah nasional melaksanakan program ini,” kata Daddy.

Di sisi lain, Ia mengaku Pemprov Kaltim sudah punya komitmen terhadap menjaga kualitas lingkungan sebelum adanya program penurunan emisi karbon tersebut. Program itu dilaksanakan beberapa OPD sesuai urusan masing-masing. Seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim melalui pembentukan program kampung iklim di tujuh kabupaten. Targetnya membentuk 150 kampung iklim hingga 2023.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 13 =