Ditjen Dukcapil Harap Pemilu Kaltim Damai

Samarinda – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) menghadapi tiga tantangan besar di tahun politik ini. Diantaranya menyukseskan pemilu serentak, meningkatkan kualitas layanan data administrasi kependudukan dan menjaga keandalan sistem administrasi kependudukan selama 24 jam.

Terkait Pemilu serentak, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengimbau Pemilu Serentak Pileg dan Pilpres khususnya di Kaltim aman dan damai. Semua bisa menyelenggarakan pesta demokrasi sesuai sifat langsung, umum, bebas, rahasia (Luber) serta jujur dan adil.

“Mari bersama-sama datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya. Menggaris bawahi yang telah disampaikan oleh bapak Wakil Gubernur Kaltim saat pembukaan Musrenbang RKPD 2019,” ujar Zudan Arif di Samarinda, belum lama ini.

Ini sebagai salah satu upaya mewujudkan Pemilu yang berkualitas. Menurutnya sebagai warga negara sudah sepatutnya ikut menyukseskan pesta demokrasi negeri ini dan diharapkan masyarakat tidak golput dalam menentukan hak pilihnya.

Pada kesempatan itu juga Zundan mengatakan Mendagri mengharapkan jajaran forkompinda, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menyiapkan perencanaan pembangunan. Jadi dalam menyusun kegiatan tidak semata2 menuangkan dokumen teknis dan administrasi dalam tata kelola pemerintahan.

“Jadi ini tidak hanya sedang menyiapkan dokumen teknis administratif. Ini RKPD tahun pertama Pak Isran Noor dan Hadi Mulyadi. Ini RKPD tahun pertama yang menjadi pondasi lima tahun kedepan. Nilai-nilai filosofis tidak boleh ditinggalkan. Karena ada nilai-nilai dasar yang ingin diperoleh,” ujarnya. (Diskominfo – Rzk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + five =