Diskominfo Siapkan Aplikasi E-learning

Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim melalui bidang Aplikasi dan Telematika menggelar demo aplikasi e-learning (distance learning system) serta pembahasan fitur (kebergunaan) dan kontennya. E-learning adalah sistem pendidikan yang menggabungkan motivasi, komunikasi, efisien dan teknologi. Seringkali proses pembelajaran mengalami keterbatasan waktu dan jarak, tetapi melalui E-learning  bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan E-learning yang dibuat ini adalah versi pertama. Artinya dengan berjalannya waktu akan dilakukan perubahan sesuai permasalahan yang muncul ataupun perbaikan yang sifatnya substansi.

“Kita harapkan E-learning ini bisa diterapkan dalam rangka mendukung program visi misi Gubernur Kaltim,” ucapnya di Ruang Serbaguna Diskominfo Kaltim, Rabu (6/2).

Berkenaan itu Diddy menambahkan karena masih dalam tahap pertama harapannya sudah dilakukan uji coba sesuai daerah-daerah yang internetnya cukup baik. Asumsinya apabila cukup baik dan bisa diterapkan. Ini adalah salah satu tugas Diskominfo.

Selain itu, Duta Rumah Belajar Kaltim M Yahya yang juga hadir megungkapkan menyambut gembira Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Diskominfo ingin menggarap E-learning untuk pengembangan pendidikan di Provinsi Kaltim. Aplikasi berbasis web ini menambah fasilitas guru dan siswa dalam berkomunikasi, pemberian dan pengumpulan tugas dan menambah fasilitas pemberian informasi nilai.

“Saya berharap yang dibuat nanti berbeda dengan yang sudah ada seperti Rumah Belajar Kemendikbud dan E-learning yang lain. Barangkali nanti modelnya bisa dibuat bimbel online tetapi yang real time, misalnya bisa dijadwalkan jam tertentu sehingga nanti siswa bisa tune melalui handphone pada jadwal yang sudah ditentukan,” ucap Yahya.

Melalui E-learning, dengan secara online ini siswa diharapkan bisa mengakses via hadphone masing-masing. Disitu juga ada guru yang mengajar secara real time dan bisa langsung bertanya atau berinteraksi secara langsung. (Diskominfo – Rzk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 4 =