Diskominfo Berkontribusi Dalam Pendidikan

Dinas Komunikasi Dan Informatika mewadahi para siswa/i dan mahasiswa/i melakukan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) untuk pengaplikasian keahlian di bidang IT.

PRAKERIN adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa.  Dalam pelaksanaannya Prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah yang akan diterapkan.  Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dan kemungkinan besar dalam prosesnya justru mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Tujuan diadakannya PRAKERIN bagi siswa-siswi adalah :

Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah; Membentuk pola pikir yang konstruktif; Melatih siswa-siswi untuk berkomunikasi / berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya; Membentuk Etos kerja yang baik; Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki sesuai bidang masing-masing; Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari; Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha.

Salah satu sekolah / Universitas Prakerin selama 1 bulan di Diskominfo Kaltim ialah SMK TI Prata/STIMIK Wicida Samarinda.(bgs)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 6 =