Dishub Kaltim Perkirakan Lonjakan Pemudik di H-4 dan H+2 Lebaran

Samarinda – Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong mengatakan menjelang lebaran perlu dilakukan persiapan angkutan umum baik itu darat, laut dan udara. Karena diperkirakan akan banyak digunakan pemudik dan mengalami lonjakan peningkatan jumlah penumpang.

“Sektor perhubungan kita telah mempersiapkan angkutan lebaran, mulai angkutan darat, laut dan udara,” ucap Salman saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/3).

Ia mengatakan, khusus angkutan udara jumlah penumpang melalui Bandara APT Pranoto Samarinda lebih banyak dibandingkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Ini dikarenakan lokasinya yang terdekat.

“Secara umum pada H-4 sampai H+2 lebaran diprediksi akan terjadi lonjakan jumlah penumpang sebesar 6 hingga 10 persen. Yang kemungkinan naik secara signifikan itu Bandara APT Pranoto, karena ini kali pertama mereka menghadapi lebaran,” ujarnya.

Dari data Dishub Kaltim April 2019 jumlah penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda sudah mencapai sebanyak 4.000 penumpang. Ini menunjukan terjadi pergerakan penumpang berangkat maupun yang datang dalam sebulan mencapai 1.000 penumpang dan sekitar 400 lebih penumpang dalam satu minggu.

“Saat ini kita mengantisipasi dengan mempersiapkan extra flight dengan tujuan Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan Semarang diluar rute yang sudah ada,” tutupnya. (Diskominfo – Rzk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =