Deklarasi Anti Hoax Penting Jelang Pilkada 2018

SAMARINDA — Rencana Deklarasi Anti Hoax yang akan dilakukan masyarakat Kaltim disebut penting dilakukan menjelang perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 mendatang.

“Kita tidak ingin penyebaran hoax yang terjadi di daerah lain saat pilkada terjadi di Kaltim. Kondisi demikian selain menghambat proses demokrasi juga mengancam perpecahan bangsa,” kata Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani saat rapat koordinasi persiapan Deklarasi Anti Hoax Kaltim, di Kantor Diskominfo Kaltim, Selasa (21/3).

Ia berharap pengalaman penyebaran hoax saat menjelang Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu tidak terulang kembali di daerah lain, khususnya di Kaltim. Karenanya perlu diantisipasi dini saat menjelang pilkada seperti sekarang.

Bukan mustahil, kata dia, penyebar hoax di DKI Jakarta yang saat ini masih eksis pindah di Kaltim. “Itu kenapa deklarasi didahului penandatanganan kesepakatan deklarasi anti hoax. Tujuannya agar pemangku kepentingan terkait seperti komunitas masyarakat anti hoax yang merupakan kalangan jurnalis, komisi penyiaran, komisi informasi, organisasi profesi wartawan, serta pihak keamanan bisa terlibat sesuai peran masing-masing. Dijaga bersama-sama,” katanya.

Dijelaskan, deklarasi sendiri rencananya akan dihelat berbarengan Pembukan Pameran Pembangunan Kaltim Fair 2017 dan penyerahan penghargaan organisasi perangkat daerah (OPD) terbaik 2017.

Saat bersamaan akan dilakukan penandatanganan kesepakatan deklarasi anti hoax, talkshow antisipasi hoax, serta peresmian dan peluncuran berbagai program yang dikembangkan operator layanan jasa telekomunikasi. Termasuk peresmian pemanfaatan operasional tiga menara telekomunikasi yang dibangun Pemprov Kaltim pada 2017, di Kabupaten Kutai Timur (dua unit) dan di Kabupaten Kutai Barat (satu unit).(diskominfo kaltim/arf)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 3 =