Konsumen Harus Cerdas Ketika Membeli Barang

Samarinda – Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkop dan UMKM) Kaltim melaksanakan kegiatan Edukasi konsumen cerdas bagi ASN di lingkungan Pemprov Kaltim di Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (9/5).

Dalam arahannya, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kaltim Fuad Assadin mengatakan saatnya konsumen berdaya. Hal ini merupakan keinginan pemerintah agar konsumen berperan optimal. Baik sebagai agen perubahan maupun subjek pelaku yang menentukan ekonomi Indonesia.

Kadis Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim Fuad Assadin menjadi moderator pada acara edukasi konsumen cerdas bagi ASN di lingkungan pemerintah Provinsi Kaltim.

“Pemerintah dirasa perlu membangun moment kesadaran, kepedulian dan pemahaman untuk memerankan sesuai hak dan kewajiban. Konsumen harus cerdas, mandiri dan memanfaatkan produk dalam negeri,” ujar Fuad.

Sementara Plt. Sekdaprov Kaltim Meiliana dalam sambutannya mengatakan konsumen memiliki hak terhadap barang yang dibeli. Untuk diperlukan kejelian dalam membeli produk. Mulai pengemasan hingga kandungan bahan yang digunakan.

“Konsumen sering terjebak tampilan barang namun tidak melihat kualitas. Merkea yang cerdas pasti melihat kualitas ketimbang tampilan. Sekarang bulan puasa banyak sekali makanan yang dijual di pasar ramadhan. Kemungkinan ada memakai pengawet dan pewarna. Ini tidak boleh dibiarkan karena merusak tubuh,” jelas Meiliana. (diskominfo/tp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − seven =