Budaya

Festival Musik Tradisional Etnik Kaltim: Menggali Kreativitas Seniman Dalam Perpaduan Budaya

  •   pipito
  •   30 Juli 2023
  •   9:24am
  •   Budaya
  •   912 kali dilihat

Samarinda- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur (Disdikbud Kaltim) kembali menggelar Festival Musik Tradisional Etnik se-Kaltim yang akan berlangsung dalam rangkaian tahap hingga mencapai grand final pada bulan September 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur, Muhammad Kurniawan, menyatakan bahwa festival ini diselenggarakan sebagai bentuk ekspresi cinta terhadap musik tradisional Kaltim, yang mencakup tiga pilar budaya utama Kaltim, yaitu pedalaman, pesisir dan keraton.

"Melalui festival ini, kami berupaya untuk memperkuat ekosistem permusikan di Kaltim secara intensif dan berkelanjutan," ungkap Muhammad Kurniawan dilansir Niaga.Asia baru-baru ini.

Muhammad Kurniawan berharap festival ini dapat menjadi wadah bagi seniman musik Kaltim untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan musik daerah yang menggabungkan nuansa kekinian tanpa menghilangkan estetika musik tradisi, baik dalam aransemen maupun penggunaan alat musik khas daerah.

Sementara, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kaltim, Robiana Hasta Wulan, untuk memastikan kualitas para peserta, merinci rangkaian festival ini terdiri dari tiga tahap, yaitu sosialisasi, pendaftaran dan babak penyisihan, sebelum mencapai grand final.

"Pendaftaran akan dibuka mulai 1 Agustus hingga 24 Agustus 2023, dan para peserta diwajibkan mengirimkan video rekaman penampilan mereka untuk dinilai oleh dewan juri," tambah Robiana Hasta Wulan.

Dari babak penyisihan tersebut, akan terpilih enam peserta terbaik yang akan tampil pada acara grand final. Grand final ini akan diadakan bersamaan dengan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) se-Kaltim pada tanggal 15-18 September 2023 di Balikpapan. (niagaasia/pt)


Sumber:niaga.asia