Korpri Kaltim Gelar Ceramah Agama

Samarinda – Korps pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kaltim mengadakan ceramah agama dengan menghadirkan Ustadz KH. Junaiddi Maksum di ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim. Kegiatan sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menjalin silaturahmi karyawan/karyawati lingkungan Pemprov Kaltim, Jum’at (17/5).

“Alhamdulillah kita selalu diberi nikmat dari Allah SWT. Nikmat itu adalah nikmat bulan ramadhan. Wajib disyukuri karena bulan puasa memberikan kesehatan terhadap tubuh kita. Tubuh kita istirahat dengan berpuasa,” ujar Junaidi dalam ceramahnya.

Banyak yang terjadi di tubuh saat berpuasa, proses yang kita tidak tahu dan tidak dapat dilihat, tapi manfaatnya bagus. Dengan puasa, lemak dalam tubuh akan terbakar. Prosesnya tatkala orang kelaparan, mulai siang perut kosong, organ-organ tubuh merasa kelaparan dan stress. Di situlah kolesterol diubah membentuk suatu energi.

“Proses ini menghasilkan lemak baik untuk tubuh, yaitu HDL (high density lipoprotein). Lemak ini dihasilkan guna menghapus flek di pembuluh darah. LDL itu kolesterol jahat, dibersihin sama HDL tadi. Jadi, bisa mengurangi kolesterol. Di samping itu, lemak jelek hasil metabolisme karbohidrat, trigliserida juga hilang,” jelas Ustadz.

Ditambahkan, betapa Allah SWT memberi kemudahan dan manfaat bagi umatnya. Allah menghendaki berpuasa, jika kalian berpuasa sesungguhnya itu lebih baik buat diri umatnya.(diskominfo/tp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 10 =