Pancasila Inspirasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Samarinda — Pancasila sebagai dasar, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Hal tersebut diungkap Sekretaris Eka Wahyuni membacakan pidato Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Hariyono pada Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Kantor Dinas Kominfo Kaltim, Sabtu (1/6).

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita konsisten merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” ucap Eka.

Sesuai pesan Presiden Jokowi , lanjutnya, memperingati dan merayakan hari lahir Pancasila merupakan keniscayaan. Pertama, berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah. Pendiri bangsa berhasil menggali nilai fundamental Indonesia sebagai dasar negara sehingga Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu kesatuan.

Kedua, momentum hari kelahiran Pancasila maka kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila mengandung visi dan misi negara yang memberi orientasi, arah perjuangan dan pembangsan ke depan.

“Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia,” tambah Eka.

Hadir pada kegiatan itu pejabat Eselon III dan IV, Pegawai dan Tenaga Kontrak di lingkungan Dinas Kominfo Provinsi Kaltim.(Diskominfo/teguh)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 2 =