Berita

Terobosan Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi di Pemprov Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   8 September 2023
  •   3:28pm
  •   Berita
  •   463 kali dilihat

Samarinda - Digitalisasi Pelayanan Publik merupakan upaya pemerintah dalam menyesuaikan pelayanan dengan karakter, budaya dan harapan generasi millennial. Pelayanan yang lebih cepat, mudah bahkan mudah diakses menjadi tujuan utamanya.

Terobosan inovatif ini melibatkan implementasi sistem informasi, pemberdayaan masyarakat, nilai-nilai lokal dan kolaborasi yang kuat.

Inovasi ini juga sangat relevan dengan isu-isu ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, digitalisasi, perubahan iklim, pangan dan juga kebencanaan.

Pada acara dengan tema "Digitalisasi Pelayanan Publik di Pemprov Kaltim" yang berlangsung pada Jumat (8/9/2023) di BPSDM Prov. Kaltim, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Bambang Kukilo A.S., menjelaskan lima unsur digitalisasi, yaitu strategi digital, organisasi dan budaya, teknologi, operasional, dan masyarakat (pengguna).

Strategi digital mencakup manajemen strategi, keuangan dan investasi, digital branding, ekosistem digital, digital market intelligence, dan portofolio inovasi.

Sementara dalam organisasi dan budaya, pentingnya memiliki budaya organisasi yang kuat, kepemimpinan yang efektif, tata kelola yang baik, desain organisasi yang sesuai, serta pemberdayaan talenta dan tenaga kerja. (hend/pt)