Berita

Rakorda Diskominfo Kaltim 2023, Momen Sinergikan Program

  •   Hendra Saputra
  •   13 Maret 2023
  •   2:37pm
  •   Berita
  •   275 kali dilihat

Tana Paser - Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian se-Kalimantan Timur Tahun 2023, diikuti peserta yang berasal dari Diskominfo kabupaten/kota se-Kaltim.

Adapun tema tahun ini yaitu "Sinergitas Transformasi Digital Untuk Mendukung Implementasi e-Government", bertempat di Kyriad Hotel Sadurengas Paser, Tepian Batang Tanah Grogot, Senin (13/3/2023).

Ery Mulyadi selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), menyambut baik kegiatan ini.

“Dengan kegiatan ini kita bisa mengetahui program-program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi. Tentu saja program ini kita harapkan bersinergi dengan program yang akan dilaksanakan pemerintah kab/kota se-Kalimantan Timur,” ucapnya.

Lanjutnya, pemerintah daerah khususnya kab/kota sudah menyelesaikan Musrenbang ditingkat kecamatan dan sekarang sudah melakukan forum bagi Perangkat Daerah (PD).  Tentu saja perencanaan dari bawah ini satu moment satu forum dengan mengusulkan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Selain itu, sambungnya dalam forum ini akan dimanfaatkan untuk membahas isu-isu yang strategis, misalnya SPBE menjadi salah satu topic, sebab diseluruh pemerintah daerah wajib melaksanakan SPBE.  Pelaksanaan SPBE ini cukup penting bagi pemerintah daerah. Kemudian, juga isu-isu lainnya seperti terkait jaringan keamanan sistem informasi.

“Sekali lagi kami menyambut baik Rakorda ini dan mudah-mudahan nanti ada tindak lanjutnya dari Rakor hari ini,” katanya.

Dirinya menyebutkan di Kabupaten Kutai Timur terkait Sinergitas Transformasi Digital, tentu saja ini sudah sesuai dengan visi dan misi pembangunan yang telah ditetapkan pemerintah kabupaten Kutai Timur.

Adapun prestasi Kabupaten Kutai Timur tahun 2022 mendapatkan penghargaan sebagai salah satu daerah yang meraih penghargaan Top Digital Awards. Kemudian, hasil penilaian SPBE tahun 2022 Kutai Timur menduduki peringkat ke dua. Serta kemajuan sangat yang singnifikan dari penilaian 2021 Kutai Timur ini berada pada indeks 1,03 kategori kurang.Sehingga, melaksanakan perbaikan dan hasilnya pada tahun 2022 mendapatkan indeks 2,79 atau predikat baik. (hend/pt)