Berita

Presiden RI Jokowi Groundbreaking Bandara IKN yang Ramah Lingkungan

  •   Teguh Prasetyo
  •   1 November 2023
  •   12:30pm
  •   Berita
  •   906 kali dilihat

Nusantara - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meletakan batu pertama Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Bandara IKN akan mencerminkan ciri khas budaya Kalimantan dan mengusung konsep ramah lingkungan, serta memperhatikan estetika.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Menteri Perhubungan bersama Menteri PUPR diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memimpin pembangunan dan pengoperasian Bandara IKN.

"Hari ini kita melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibukota Nusantara yang ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024 namun sudah dapat digunakan pada bulan Juni 2024," ungkap Presiden RI Joko Widodo mengawali sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menekankan pentingnya bandara ini sebagai dukungan untuk meningkatkan pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN, mengingat mobilitas orang dan barang yang semakin meningkat.

"Bandara ini sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan di IKN semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN dan bandara ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN," serunya.

Adapun Proyek pembangunan Bandara IKN akan mengikuti konsep besar IKN yang berorientasi pada alam dan ramah lingkungan. Desain bandara akan menggabungkan unsur kearifan lokal dengan unsur modern, melibatkan sejumlah arsitek terkemuka.

"Kedepan bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka konektivitas semakin baik dan juga semakin mudah dijangkau dari manapun. Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan akselerasi pembangunan IKN," harap Mantan Gubernur DKI Jakarta.

Diketahui, Bandara IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5000 m² serta runway sepanjang 3000 x 485 meter, bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

"Dalam kesempatan yang baik ini dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini groundbreaking bandara udara ibukota nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," tutup Joko Widodo disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Tampak hadir pada kegiatan groundbreaking ini Ridwan Kamil yang juga dikenal sebagai arsitek. Ridwan Kamil hadir mendampingi Presiden RI Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Tohir, Kepala PIKNI Bambang Susantono dan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. (tp/pt)