Berita

Prakiraan Cuaca Ekstrim di Sejumlah Wilayah di Kaltim

  •   Sefty Wulandari
  •   15 Maret 2023
  •   7:14pm
  •   Berita
  •   1004 kali dilihat

Prakiraan Cuaca Ekstrim di Sejumlah Wilayah di Kaltim

Samarinda -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis prakiraan cuaca ekstrim berupa hujan mulai dari instensitas sedang hingga lebat, serta disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Kalimantan Timur pada 15-20 Maret 2023.

Wilayah itu diantaranya Balikpapan, Samarinda, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Mahakam Ulu, Kutai Barat, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Informasi perkiraan cuaca secara umum berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat disertai dengan angin kencang kilat/petir pada umumnya.

Potensi hujan lebat pun diperkirakan akan menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti genangan air di sejumlah wilayah seperti Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem ini” jelas Kepala BMKG Kaltim Erika Mardiyanti dilansir dari rilis resmi BMKG Kaltim (15/03).

Masyarakat pun diharapkan tetap tenang dan tidak panik, yang paling penting adalah tetap waspada terhadap kondisi bahaya yang dapat mengancam akibat adanya cuaca ekstrim. (sef/pt)