Berita

Perencanaan Implementasi Program FCPF-CF 2024, Sekda Sri : Harus in-line

  •   Ceppy
  •   4 April 2024
  •   8:09am
  •   Berita
  •   229 kali dilihat

 

Samarinda - Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Timur, Sri Wahyuni berpesan kepada seluruh tim yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF-CF) agar merancang program yang in-line.

Hal ini mengacu pada konsistensi atau kesesuaian dengan perencanaan implementasi program FCPFCF yang harus sesuai atau sejalan dengan standar atau arahan yang telah ditetapkan.

Implementasi program FCPFCF harus sesuai dengan kerangka kerja, prosedur, atau rencana yang telah disepakati sebelumnya.

“Pastikan program-program kita itu in line ya dengan program besarnya, dan kita harus memastikan bahwa tujuan, strategi, dan langkah-langkah yang direncanakan untuk program tersebut selaras dengan visi, misi, atau kebijakan yang telah ditetapkan,” ujar Sekda Sri.

Pesan ini disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinator dan Evaluasi FCPF-CF dan Rencana Kegiatan tahun 2024 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Emerald Hotel Mercure Samarinda, Kamis (04/04/2024).

Sekda juga mengapresiasi tim pokja yang aktif memberikan ide dan pemikiran, serta masukan dan saran untuk pemanfaatan dana karbon dunia ini agar dapat dijalankan mekanisme yang baik.

“Apresiasi juga untuk para pimpinan Perangkat Daerah yang rajin untuk mendampingi dan membina. Komunikasi penting dari awal dan di setiap progressnya, terutama pada saat perencanaan seperti ini agar dapat dikonsep dengan matang, dan apabila ada isu dapat dimitigasi dan ditanggapi, juga kita rembuk bersama,” imbuhnya.

Evaluasi juga diberikan oleh mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini kepada seluruh tim pokja untuk dapat menghimpun perencanaan yang kemudian dapat dievaluasi bersama, sehingga dapat diputuskan untuk dianggarkan , dilanjutkan, atau dikaji lagi dengan program yang dibutuhkan dalam rangka mengurangi emisi karbon.

Sekda juga mengingatkan kepada seluruh pihak untuk terus berkolaborasi termasuk dengan mitra-mitra yang membantu pemprov Kaltim seperti Perguruan Tinggi maupun lembaga lain, dalam menjalankan seluruh program-program yang dilaksanakan dalam pemanfaatan dana dari program FCPF-CF yang didapatkan Bumi Etam.

Hadir dalam rapat ini Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ujang Rachmad dan diikuti puluhan peserta pokja dan pimpinan serta perwakilan SKPD penerima FCPF-CF, yang hadir baik secara luring maupun daring dengan melalui zoom meeting. (cpy/pt)

Foto : Rizki Kurniawan