Berita

Pencegahan dan Mitigasi Bencana Menjadi Kunci Utama Mengurangi Resiko

  •   resa septy
  •   3 Maret 2021
  •   9:34pm
  •   Berita
  •   428 kali dilihat

SAMARINDA - Presiden RI Joko Widodo, resmi membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021. Rakor tersebut dengan Tema Tangguh Hadapi Bencana bertempat di Istana Negara Jakarta, Rabu (03/03/2021).

Jokowi menyampaikan bahwasannya kunci utama dalam mengurangi resiko adalah terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik dan detil. Karena itu kebijakan nasional dan kebijakan daerah harus sensitif terhadap penanganan bencana” ucapnya.

Dalam sambutannya, disampaikan beberapa arahan kepada seluruh BPBD se-Indonesia diantaranya pertama, jangan sibuk membuat aturan tetapi yang utama adalah pelaksanaan di lapangan terutama pada aspek pengendalian dan penegakan standar-standar di lapangan.

Lanjut Kedua, kebijakan untuk mengurangi resiko bencana harus benar-benar terintegrasi. Ketiga, manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekontruksi yang cepat penting dilakukan pasca bencana.

Terakhir  Keempat, memberikan edukasi dan literasi pada masyarakat terkait kebencanaan harus terus menerus ditingkatkan mulai dari lingkup sosial yang paling kecil yaitu keluarga.

“Melakukan simulasi bencana secara rutin di daerah-daerah yang rawan bencana sehingga warga semakin siap menghadapi bencana yang ada” tutupnya. (resa/pt)