Berita

Kesbangpol Fest 2023: Eksistensi Ormas dan Pemilu Serentak Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   10 Desember 2023
  •   12:03pm
  •   Berita
  •   413 kali dilihat

Samarinda - Pembukaan Kesbangpol Fest 2023 secara resmi dilakukan oleh Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, H. Sufian Agus. Bertempat di Gor Kadrie Oening Sempaja, depan Hotel Atlet Samarinda, Minggu (10/12/2023) pagi.

Acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim berlangsung selama satu hari dengan tema "Wujud Nyata Eksistensi Ormas, Mewujudkan Kaltim Harmoni, Serta Bersatu dalam Keragaman, Harmoni Dalam Perbedaan."

Berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Pegiat UMKM di Provinsi Kalimantan Timur turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, H. Sufian Agus, menyampaikan kegembiraannya melihat partisipasi Ormas dalam Kesbangpol Fest 2023.

Ia menekankan bahwa kegiatan ini diinisiasi untuk merubah persepsi masyarakat terhadap Ormas.

"Saya harapkan teman-teman ormas bisa menjadi ujung tombak dalam menjaga kondusifitas daerah di Kalimantan Timur, terutama menjelang pemilu. Kesbangpol akan terus memperhatikan dan mengapresiasi ormas berprestasi," ujar H. Sufian Agus.

Dalam menghadapi pemilu 2024, ia mengingatkan Ormas untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

"Kami mengandalkan teman-teman ormas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan di Kalimantan Timur," tambahnya.

Rangkaian kegiatan Kesbangpol Fest 2023 mencakup berbagai aktivitas, berharap kegiatan serupa akan dilaksanakan lebih meriah lagi di tahun-tahun berikutnya.

Ia pun mengimbau seluruh masyarakat untuk aktif dalam Pemilu Serentak pada tanggal 14 Februari 2024 dan 27 November 2024, karena suara masyarakat sangat menentukan arah pembangunan kedepan. (hend/pt)