Berita

Kepala BPBD Kaltim: Imbau Kepala Daerah Segera Membentuk Posko-Posko Kebencanaan

  •   resa septy
  •   3 Maret 2021
  •   9:33pm
  •   Berita
  •   308 kali dilihat

SAMARINDA – Posko-posko kebencanaan yang diperuntukkan bagi Covid-19, alangkah baiknya juga diperuntukkan bagi  bencana-bencana lainnya.  

Hal tersebut disampaikan oleh Yudha Pranoto selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Kaltim usai menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dengan “Tema Tangguh Hadapi Bencana” secara virtual di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur, Rabu (03/03/2021).

“Saya mengimbau untuk Kepala Daerah yang ada di Kaltim dapat segera membentuk posko-posko kebencanaan, mumpung posko Covid-19 ini lagi marak di tingkat RT dan RW. Setelah selesai Covid-19, posko ini jangan dibongkar, jadi posko kebencanaan,” tutur Yudha.

Yudha mengatakan bahwa masyarakat akan merasa tertolong jika posko kebencanaan disiapkan dari awal. Begitupun dengan pengetahuan masyarakat terkait bencana akan semakin terbuka.

Selanjutnya, dalam menanggapi edukasi perihal kebencanaan kepada masyarakat, Yudha mengatakan jika para relawan atau penduduk di RT dan RW sudah beraksi, maka  masyarakat juga  dapat menanggulangi bencana dari awal.

“Alangkah baiknya para aparat Desa memberi arahan petunjuk. Nanti relawannya yang ada disitu paham dan akan bekerja juga, jadi kita sinergi.  Semuanya yang membentuk posko itu memberikan literatur dan memberikan arahan-arahan kepada masyarakat, “ tutup Kepala BPBD Kaltim.

Turut hadir mendampingi dalam Rakor, Kepala Dinas Kesehatan Prov Kaltim, Padilah Mante Runa dan Juru Bicara Satgas Covid-19, Andi Muhammad Ishak. (resa/pt)