Berita

Jelang Pesta Demokrasi, Diskominfo Kaltim Akan Gandeng Masyarakat Tangkal Hoax Melalui Literasi

  •   Sefty Wulandari
  •   15 Maret 2023
  •   5:47pm
  •   Berita
  •   385 kali dilihat

Jelang Pesta Demokrasi, Diskominfo Kaltim Akan Gandeng Masyarakat Tangkal Hoax Melalui Literasi

Balikpapan – Dalam rangka meningkatkan, menjaga kondusivitas iklim demokrasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggelar Kegiatan Literasi Media Tangkal Hoax pada Kamis (16/03/2023).

Bertempat di Hotel Grand Jatra Balikpapan, jumlah peserta ditargetkan sebanyak kurang lebih 100 orang. Para peserta merupakan remaja yakni pelajar yang diharapkan melalui kegiatan ini nantinya dapat memiliki kemampuan literasi digital yang baik terutama dalam menghadapi terpaan isu terkait Pemilu yang akan segera dilaksanakan nanti 2024 mendatang.

“Kegiatan ini menyasar para generasi muda. Melalui kegiatan ini diharapkan, para peserta akan memiliki kemampuan berliterasi di dunia digital dan juga mampu menentukan sikap tanpa terkontaminasi dengan hoaks atau informasi palsu” jelas Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim Irene Yuriantini

Irene pun turut menambahkan seiring majunya zaman, tak hanya sebagai pembaca atau audiens, masyarakat yang kerap membut konten media sosial agar dapat lebih berhati-hati dan menyaring kembali informasi sebelum membuat konten.

“Arus informasi di era teknologi ini sangat deras dan tak terbendung. Jadi kitalah yang harus bijak menghadapinya, baik sebagai audiens maupun pembuat konten. Terutama dalam situasi saat ini yaitu jelang pemilu, ” imbuhnya.

Kegiatan Literasi Media ini diharapkan dapat
memantik kesadaran generasi muda untuk dapat bijak bermedia. Narasumber istimewa pun dihadirkan, mulai dari Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo, S.I.K., M.T, Ketua KPU Provinsi Kaltim, Rudiansyah, dan Ketua BAWASLU Kaltim, Hari Dermanto,S.H.,M.H (sef/pt)