Berita

Jangan Putus Asa, Banyak Cara Merefleksikan Diri

  •   prabawati
  •   21 April 2021
  •   2:37pm
  •   Berita
  •   458 kali dilihat

SAMARINDA- Pejuang dan pelopor kemajuan perempuan Indonesia begitulah sosok Raden Ajeng Kartini dikenal. Siapa yang tidak kenal dengan tokoh emansipasi tersebut. Semangat juangnya tak pernah lekang oleh waktu, bahkan hingga saat ini.

21 April menjadi menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan diri bagi kaum perempuan, karena sosok Kartini adalah sosok perempuan yang hebat.

Menilik pada semangat emansipasi, tak ada salahnya jika menengok sejenak eksistensi Kartini-Kartini masa kini.

Tokoh Perempuan Kaltim, Hj. Enci Widyani mengatakan dimasa Pandemi Covid-19 peran Kartini masa kini berperan penting dalam masyarakat dan keluarga.

Pembatasan sosial membuat anggota keluarga menghabiskan banyak waktu dirumah. Dalam hal ini mendampingi anak belajar dari rumah, memastikan setiap anggota keluarga tetap sehat.

Di era sekarang tidak menutup kemungkinan Ibu bisa berkarya walaupun tetap di rumah bersama keluarga yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital, jadi jangan putus asa ada banyak cara untuk ibu merefleksikan apa saja kompetensi yang dimiliki.

"Jangan pernah putus asa tetap berkarya, "ungkapnya saat menjadi narasumber pada dialog Intetaktif RRI Samarinda, Rabu (21/4)

Namun demikian, kesuksesan perempuan, yang tak boleh terlupakan adalah peran sebagai seorang ibu, begitu pula sebaliknya. Jika, berkeluarga dan memiliki anak jangan dijadikan alasan untuk tidak bisa meniti karier.

Sepanjang mampu menyeimbangkan tugas-tugas yang dibebankan, kenapa tidak. Pada dasarnya keinginan bekerja kaum perempuan di samping aktualisasi diri, pada akhirnya juga untuk lebih meningkatkan kehidupan yang lebih baik lagi untuk keluarga.

"Diperingatan Hari Kartini ini kita tetap tidak melupakan para pejuang-pejuang perempuan yang lain, mudah-mudahan ini juga memberikan gagasan untuk kita dalam memperingati Hari Kartini tidak kita lupakan,"imbuhnya. (Prb/pt)