Berita

Dorong Satuan Kerja Pemerintahan Bertransformasi Digital, Kementerian Kominfo RI Gelar Sosialisasi dan Bimtek

  •   Sefty Wulandari
  •   15 Maret 2023
  •   2:15pm
  •   Berita
  •   415 kali dilihat

Dorong Satuan Kerja Pemerintahan Bertransformasi Digital, Kementerian Kominfo RI Gelar Sosialisasi dan Bimtek

Balikpapan – Pemerintah terus berupaya meningkatkan dan membenahi diri, untuk mendukung upaya percepatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Ekektronik (SPBE) dan Satu Data Indonesia (SDI). Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP).

Berlangsung selama dua hari yakni pada 15-16 Maret 2023, acara ini digelar bauran secara daring melalui layanan streaming zoom dan secara luring bertempat di Swiss-bel Hotel, Balikpapan Ocean Square Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan.

Sosialisasi dan Bimtek ini bertujuan agar Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah melaui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian di tiap daerah dapat melaksanakan tugas sebagai pengelola ekosistem TIK secara baik dan benar.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, melalui kegiatan ini peserta diharapkan dapat memahami materi bimbingan yang diberikan oleh para narasumber terkait sistem penghubung layanan pemerintah, yang juga saat ini terus digiatkan di Bumi Etam terkait integrasi data.

Tak hanya itu saja, Faisal pun menambahkan dalam hal transformasi pemerintahan, salah satu isu yang menjadi tren saat ini yaitu Digital Mindset yang harus dimiliki mulai dari pimpinan instansi baik di tangkat pusat maupun daerah, hingga seluruh SDM di lingkungan pemerintah.

“Digital Leadership Mindset bagi para pimpinan instansi ini penting. Melalui pemahaman ini pimpinan diharapkan dapat memahami apa kebutuhan dan apa strategi yang dapat dilakukan terutama dalam memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin untuk masyarakat. SDM seluruhnya pun memerlukan Digital Mindset. Kolaborasi ini yang kita harapkan. Mulai dari internal, hingga eksternal, sehingga langkah kita bertransormasi dapat optimal” jelasnya.

Selaras dengan hal tersebut, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Bambang Dwi Anggono turut menyampaikan kolaborasi di pusat dan tiap daerah dibutuhkan untuk menghadapi tantangan era kemajuan teknologi, dan menyukseskan SPBE dan SDI.

“Kominfo Pemersatu Bangsa. Ini jargon kita. Upaya kita memersatukan ialah dengan mengintegrasikan. Dengan bekerjasama dan berkolaborasi harapannya jadi kunci untuk kira bisa bergerak bersama-sama seluruhnya, ” pungkasnya.

Diikuti puluhan peserta kegiatan ini menghadirkan pembicara nasional yakni Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Koordinator Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat, Kementerian PPN / Bappenas Oktoriadi, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PANRB yang diwakili oleh Hamzah Fansuri, Plt Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo RI Yuni Afita Sari, dan Ketua Tim Interoperabilitas, Big Data, dan Kecerdasan Buatan Shinta Nurhariyanti (sef/pt)

Simak juga berita ini di laman resmi Diskominfo Kaltim dengan tautan :

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/dorong-satuan-kerja-pemerintahan-bertransformasi-digital-kementerian-kominfo-ri-gelar-sosialisasi-dan-bimtek