Berita

Dispar Kaltim Menjadi Penggerak Utama dan Fasilitator Untuk Peningkatan Layanan Pariwisata

  •   Bagus Setiawan
  •   3 Mei 2024
  •   7:33pm
  •   Berita
  •   258 kali dilihat

Samarinda - Pariwisata Kalimantan Timur dengan segala keindahannya perlu perhatian penuh dari berbagai pihak. Dinas Pariwisata Kaltim tentunya tidak tinggal diam dalam upaya memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menunjang "Destinasi Berkualitas"

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ririn Sari Dewi mengatakan, dampak melejitnya ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Kaltim terhadap sektor pariwisata.

Data menunjukkan telah terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan 30-40% terutama ke destinasi-destinasi populer, khususnya selama musim Lebaran lalu.

“Namun tantangan juga muncul seiring perkembangan tersebut. Salah satunya rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang berpotensi mengubah pola pergerakan dan kunjungan wisatawan ke Kaltim,” ujar Ririn saat berbicara di acara Bincang Sore terkait Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kaltim, bertempat di cafe 77 jalan Pipit. (3/5)

Mantan Sekretaris Dinas Kominfo Kota Bontang ini juga memaparkan tentang aspek penting yang dibahas adalah pengembangan infrastruktur pariwisata ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal ini mencakup pembangunan sarana-prasarana dengan memperhatikan kebutuhan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dispar berperan sebagai fasilitator dan penggerak utama, bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan infrastruktur dan pelayanan pariwisata,” imbuhnya

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kaltim tersebut hadir juga Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kaltim Dian Rosita, dan Ketua Exotic Kaltim Mirza Yonathan sebagai narasumber serta mengundang teman-teman dari berbagai media. (Bgs/ty)