Berita

9 Kabupaten/ Kota Sudah Bentuk Puspaga

  •   prabawati
  •   23 Juni 2021
  •   2:20pm
  •   Berita
  •   580 kali dilihat


Samarinda---Hingga akhir tahun 2020 sudah 9 Kabupaten dan Kota yang sudah membentuk Pelayanan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita dalam sambutannya pada acara Seminar Parenting Peran Pengasuhan Bagi Tumbuh Kembang Anak, Rabu (23/6).

Soraya mengatakan untuk 9 Kabupaten/kota yang sudah terbentuk Puspaga adalah Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, Balikpapan, Bontang, Samarinda dan Penajam Paser Utara dalam proses.

"Lalu Kabupaten Mahakam Ulu dalam tahap advokasi,"paparnya

Puspaga menurutnya merupakan one stop services atau Layanan Satu Pintu Keluarga Berbasis Hak Anak untuk memberikan solusi atau jalan keluar bagi orang tua, anak dan keluarga dalam menghadapi permasalahan pada langkah pertama pencegahan kekerasan.

Puspaga dikatanya merupakan bentuk layanan pencegahan dibawah koordinator DKP3A Kaltim sebagai wujud kepedulian Negara dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga.

Dengan Hadirnya Puspaga, ia berharap masyarakat dapat bersama-sama melakukan pembelajaran terkait bagaimana mengasuh anak dengan tepat sehingga mampu menjaga ketahanan keluarga. (Prb/ty)