Belum Semua SKPD Pemprov Maksimalkan Website

SAMARINDA — Belum semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkup Pemprov Kaltim memiliki dan memaksimalkan website. Padahal, situs jaringan internet ini sangat diperlukan di era keterbukaan informasi publik seperti sekarang. Terlebih Pemprov sendiri sudah mencanangkan program menuju masyarakat Kaltim melek informasi dan teknologi (IT) tahun 2012, guna mendukung perwujudan program Kaltim Bangkit 2013.

Persoalan belum adanya sebagian SKPD di lingkup Pemprov yang punya website ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Media Center Diskominfo Kaltim di Samarinda, Rabu (15/3). Rakor tim pengelola MC Diskominfo ini dipimpin Kepala Bidang Dokumentasi dan Informasi Diskominfo, Nurdin AR, dan dihadiri empat unsur bidang terkait seperti TI (teknologi informasi), Aptel (aplikasi dan telematika), Postel (Pos dan Telekomunikasi) dan Dokinfo sendiri.

Saya berharap, semua SKPD di Kaltim sudah selayaknya memiliki website resmi untuk menyampaikan informasi tentang instansi terkait kepada khalayak secara luas. Ini merupakan perwujudan UU No 14/2008 tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik) yang memang mengharuskan setiap badan publik menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, ujar Nurdin AR

Data yang dihimpun Kasi Pengolahan Informasi sendiri, Sri Rejeki menyebut, dari 54 SKPD di lingkup Pemprov terdapat 40 SKPD yang belum memaksimalkan pengelolaan website. Bahkan, ada yang belum punya website. Persoalan seperti ini ditemui Bu Lili – panggilan akrab Sri Rejeki — setelah ia berkunjung ke beberapa SKPD di lingkup Pemprov, dan melakukan browsing di internet sendiri.

Setelah saya mengunjungi beberapa SKPD dan melakukan browsing internet, saya informasikan ada 21 SKPD, temasuk badan-badan yang belum tersedia fasilitas website. Kemudian 12 SKPD websitenya tak dapat diakses, dan 7 situs SKPD lainnya tidak pernah diupdate. Situs yang selalu up-date hanya di 14 SKPD, termasuk website Diskominfo Kaltim sendiri, sebut Bu Lili.

Terkait persoalan ini, Nurdin yang juga mengomandani operasional MC Diskominfo sangat berharap kepada SKPD yang belum memiliki website untuk segera membuat situs internet melalui bidang TI Diskominfo Kaltim. Sebab, pembuatan website baru masih bisa dilakukan bidang TI yang mengelola server jaringan TI semua website di lingkup Pemprov ini.

Rakor ini sendiri membahas tentang pengadaan dan operasional MC Diskominfo Kaltim. Fungsi MC ini dianggap penting sebagai wahana untuk menyerap dan menampung berbagai aspirasi masyarakat sebagai umpan balik (feed back) bagi pemerintah. Melalui MC ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan berbagai kebijakan pemerintah guna mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi, ujar Nurdin.

Sementara Kasi Pelayanan Pers, Husaini mengharapkan, Rakor ini dapat memaksimalkan operasional dan kualitas MC untuk berperan memenuhi kebutuhan informasi publik secara cepat dan merata. Sedang bidang Aptel diharapkan mendukung peningkatan kualitas media center dengan menyediakan konten-konten menarik, guna mensinergiskan kegiatan masyarakat dengan kebijakan pemerintah sebagai timbal balik perkembangan dunia teknologi, informasi dan kmomunikasi dewasa ini. (arf-dil/diskominfo)

Teks foto : Suasana rapat koordinasi pengelolaan media center Diskominfo Kaltim. (foto : yoyo/diskominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =