Aspirasi Etam, Melayani Aduan Masyarakat Kaltim

Samarinda– Meningkatnya tuntutan masyarakat atas tata kelola pemerintahan yang baik menjadikan pemberian pelayanan sebagai salah satu sektor yang perlu mendapat prioritas. Khususnya terkait manajemen pelayanan aspirasi dan aduan masyarakat yang ada di sektor publik.

Karenanya, Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan pengembangan aplikasi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi yang dimaksud adalah layanan Online Penyampaian Aspirasi/Aduan Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur (Aspirasi Etam).

Sekretaris Diskominfo Eka Wahyuni menjelaskan  sudah menjadi kewajiban Pemerintah memberikan prioritas utama dibidang pelayanan atas aspirasi atau pengaduan yang berasal dari masyarakat. Pelayanan yang baik dan efisien dapat memberikan harapan akan terpenuhinya rasa keadilan dan tersalurkannya aspirasi masyarakat.

“Layanan aspirasi masyarakat merupakan elemen penting bagi instansi daerah, karena layanan ini bertujuan memperbaiki kinerja dan menindaklajuti aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan,” jelasnya, Kamis (5/9).

Ditambahkan Eka, Aspirasi Etam memiliki banyak manfaat. Sesuai tujuannya, nanti dapat digunakan untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat sebagai upaya keterbukaan informasi publik. Dengan adanya aspirasi ini, tidak hanya laporan yang bisa dikirim masyarakat. Namun juga aspirasi atau gagasan bisa masuk dan diterima Pemerintah.

“Diharapkan adanya aspirasi aduan masyarakat yakni Aspirasi Etam menjadi wadah untuk dapat dengan mudah melayani masyarakat, sehingga pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien. Menjadi nilai lebih dari penilaian Keterbukaan Informasi Publik,” harapnya. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 8 =