9 Fraksi DPRD Kaltim Sampaikan Pemandangan Umum

Samarinda–DPRD Provinsi Kalimantan Timur menggelar Sidang Paripurna ke-26 dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota penjelasan keuangan dan raperda tentang perubahan APBD Kaltim TA 2019 di gedung Utama DPRD Jalan Teuku Umar, Senin (12/8).

Rapat dipimpin langsung ketua DPRD Kaltim HM Syahrun  dan didampingi oleh wakil ketua DPRD kaltim, M. Samsun.

Sebanyak 9 fraksi yang membacakan pemandangannya diantaranya Fraksi Golkar Irwan Faisyal, Fraksi PPP Nasdem Ahmad Rosyidi, Fraksi PKS Gunawarman, Fraksi Hanura Nixon Butar Butar, Fraksi PAN Muspandi, Fraksi Gerindra Rusianto, Fraksi Demokrat Jafar Haruna, Fraksi PDIP Yakob Manika dan Fraksi PKB Jahidin.

Dalam pemandangan tersebut dijelaskan setelah perubahan APBD tahun 2019 mengalami kenaikan semula dari Rp. 10,549 triliun, dan APBD murni naik menjadi Rp. 11, 137 triliun atau dipastikan mengalami kenaikan sebesar 58,8 %.

Ketua Fraksi Hanura Nixon Butar Butar dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah provinsi kaltim, yang mengintersipkan sumber-sumber dana dalam pembangunan di Kalimantan timur.

Ia menambahkan dengan tidak mengurangi esensi yang ingin disampaikan, maka ia menekankan untuk harus tetap cermat dalam perhitungannya dengan mekanisme yang berlaku, sehingga pemerintah provinsi memiliki waktu yang cukup, saat merealisasikan anggaran yang telah di tetapkan tahun 2019 tahun ini.

“Salah satu priyoritas pembangunan pemerintah, bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan pelayanan dasar,”ungkap nixon.

Sementara mewakili fraksi PKS Gunawarman menyarankan pemerintah agar terus menggali dan meningkatkan PAD sektor pajak kendaraan dan BPNKB ,dengan berupaya meningkatkan jumlah mitra kerja hingga keplosok, mengingat pajak daerah merupakan penyumbang besar terhadap PAD Kalimantan timur.

“Pemerintah harus terus menggali untuk meningkatkan PAD, terutama dari sektor pajak kendaraan dan BPNKB. Mengingat pajak daerah merupakan penyumbang besar terhadap PAD Kalimantan Timur,”Jelasnya.

Turut hadir Asisten III Setprov. Kaltim Bidang Admistrasi dan Pembangunan H Fatul Halim.(Diskominfo/Bagus)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 8 =