Dokumentasi Persiapan Festival Erau 2019

Para Dewa meminta izin kepada Sultan Kutai Kartanegara sebelum melakukan prosesi Menjamu Benua di 3 titik yang ada di Tenggarong, Mangkurawang, Museum dan Rapak Mahang.

 

Prosesi Adat Beluluh yang menandakan Erau Adat Kutai. Upacara Sakral tersebut dilakanakan di dalam ruang Utama Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

 

Museum Mulawarman yang di tutup terhitung dari tanggal 2-16 september 2019, akan buka seperti biasa pada 17 september 2019.

 

Sepasang replika Ular Naga Bini dan Replika Ular Naga Laki yang memakan waktu selama dua minggu, dengan menggunakan bahan kayu, rotan serta kain dan lem. Dua ekor naga yang telah dibentuk lalu di balut dengan kain kuning. Setelah itu di pasang kepalanya dilanjutkan dengan menempekan sisik yang terbuat dari kain yang terdiri dari 12 warna, panjang ular naga ini mencapai 17 meter dengan diameter 85 sentimeter.

 

Replika Ular Naga Bini. Didepan naga tersebut telah diletakkan sesajen yang berisikan buah pisang, pinang gula merah, telor ayam kampong, rokok dari daun, dan kelapa yang di atasnya ditancapkan jarum, selain itu juga ada dupa yang di bakar dan di jaga supaya terus menyala

 

Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eight =