Gubernur Minta Bupati/Walikota Bangun Infrastruktur Bagi Penyandang Disabilitas

Samarinda – Gubernur Isran Noor mengimbau Bupati/Walikota agar memperhatikan infrastruktur penyandang disabilitas melakukan aktifitas di tempat fasilitasi umum. Ini sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di segala aspek kehidupan dan penghidupan.

Hal itu dituangkan dalam Surat Edaran Gubernur Kaltim bernomor 621.9/3338/DS-TU.I  tanggal 22 Juni 2019 perihal Infrastruktur bagi Penyandang Disabilitas.

Selain itu, berdasarkan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas diamanatkan setiap bangunan gedung harus menyediakan fasilitas dan aksesibilitas meliputi toilet, tempat parkir, telepon umum, jalur pemandu, pintu, tangga atau lift.

“Ini untuk menjamin terwujudnya kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk masuk dan keluar dari bangunan gedung. Serta beraktifitas dalam bangunan gedung secara aman, nyaman dan mandiri,” pinta Gubernur.

Isran juga menambahkan Pemerintah Daerah harus menyediakan sistem transportasi umum yang aksesibel bagi penyandang disabilitas. Tidak hanya bangunan, tetapi jalan raya, halte, sarana transportasi dan rambu-rambu serta trotoar.

“Kepada Walikota/Bupati dan Kepala OPD agar mengkoordinasikan dengan lingkup OPD, BUMN/BUMD dan Badan Usaha Milik Swasta di  daerahnya agar menyediakan fasilitas dan aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas,”  pungkasnya. (Diskominfo/dir)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + ten =