Pengurus APCRI Regional IV Kalimantan Dilantik

Samarinda – Wakil Gubernur Hadi Mulyadi membuka pelantikan Pengurus Asosiasi Pengelola CSR Republik Indonesia (APCRI) Regional IV Kalimantan periode 2019-2023 di Ballroom Hotel Harris Samarinda, Senin (25/3).

Pada kesempatan ini, Hadi menyampaikan sesuai aturan mengamanatkan BUMD/BUMN ataupun perusahaan swasta mengalokasikan 20% dana corporate social responsibility (CSR) guna memberdayakan koperasi dan UMKM. Serta penyaluran dan pemberian dana CSR harus memberikan manfaat dalam peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Nanti akan dilakukan evaluasi. Sejauh mana komitmen BUMD/BUMN dan swasta menaati aturan ini. Terlebih penyalurannya diatur dan diarahkan ke koperasi dan UMKM sebagai lembaga atau wadah masyarakat menjalankan usaha,” ujarnya.

Diterangkan, koperasi dan UMKM jika berurusan peminjaman dana di perbankan terkadang mengalami kesulitan. Karena itu, adanya alokasi dana CSR 20% bagi koperasi dan UMKM diharapkan sangat membantu.

“Kita perlu ketahui pelaku koperasi dan UMKM adalah masyarakat ekonomi lemah. Dana CSR tentu bisa membantu memperkuat usaha mereka sekaligus membuka lapangan kerja,” kata Hadi.

Wagub menyakini adanya dana CSR berperan dan berkontribusi dalam program pemberantasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran di Kaltim.

Pelantikan dilakukan Ketua Umum APCRI Suleman Rauf disaksikan Ketua Dewan Kehormatan APCRI Irwan Nur dan Sekretaris Jenderal Herti Hartati. Dirangkai Bimbingan Teknis APCRI bertemakan Menuju Kesejahteraan Rakyat dan Kemakmuran Bangsa.

Hadir Ketua DPRD HM Syahrun dan Kasi Intel Korem 091/ASN Kolonel Eko Prayitno Widodo. Selain pengurus APCRI Kaltim, dilantik juga Kepala Cabang dan Kepala Perwakilan APCRI Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara periode 2019-2023. (Diskominfo/dir)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 12 =