3 Desember Sebagai Hari Disabilitas Internasional

SAMARINDA – Sejak tahun 1992 setiap tanggal 3 Desember diselenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional atau the United Nations International Day with Disabilities yang di dasarkan pada Resolusi majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1992.

Hari Internasional Penyandang Disabilitas tersebut diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kecacatan, hak-hak fundamental para penyandang disabilitas dan integrasi para penyandang disabilitas di dalam setiap aspek kehidupan utama seperti aspek sosial, politik, ekonomi dan status budaya masyarakat mereka.

Peringatan ini memperluas kesempatan untuk menginisialisasi tindakan untuk mencapai tujuan kesetaraan hak asasi manusia dan kontribusi dalam masayarakat dari penyandang disabilitas, yang diluncurkan para Peyandang Disabilitas.

Terkait hal itu,  “Memberdayakan Penyandang Disabilitas dan Memastikan Inklusivitas dan Kesetaraan” adalah tema untuk peringatan hari cacat internasional yang diusung oleh PBB. Tema tersebut berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan sebagai bagian dari agenda yang ditentukan oleh PBB 2030 untuk pembangunan berkelanjutan. Agenda 2030 berjanji untuk tidak meninggalkan siapa pun di belakang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =