Berita

Besok Vaksinasi Perdana di Kaltim, Berikut Mekanismenya

  •   chitanichinta
  •   13 Januari 2021
  •   1:27am
  •   Berita
  •   35 kali dilihat
  •  

Samarinda— Kepala Dinas Kesehatan Prov Kaltim dr. Padilah Mante Runa menyebut vaksinasi perdana di Kaltim akan digelar 14 Januari 2021 di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, pada pukul 09:00 Wita.

Dijelaskannya, nanti akan ada beberapa tahapan sebelum vaksinasi yang harus dilalui penerima vaksin. Beberapa meja sudah dipersiapkan sebagai alur dari pendaftaran, seperti screening kesehatan, penyuntikan, hingga pendataan pasca vaksinasi.

Tahapan pertama dimulai di meja 1 untuk pendaftaran dan verifikasi penyesuaian data individu pada aplikasi PCare Vaksinasi serta pemberian informasi terkait vaksinasi. Setelahnya dilakukan persetujuan untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Selanjutnya pada meja 2, pengukuran suhu tubuh dengan thermal scanner dan pengukuran tekanan darah, serta dilakukan penapisan terhadap data Kesehatan individu diantaranya informasi terkait penyakit yang diderita. Sehingga dapat ditentukan apakah seseorang tersebut dapat diberi vaksin atau harus ditunda.

Pada meja 3, dilakukan penyuntikan vaksin. Lalu di meja 4 proses penginputan data apabila sudah dilakukan penyuntikan vaksin dan pemberian kartu vaksinasi.

Selanjutnya, penerima vaksin akan diobservasi selama 30 menit untuk mengetahui  ada atau tidak reaksi setelah vaksinasi.

dr. Padilah menuturkan jika nanti ada reaksi pasca vaksinasi, pastinya akan beragam tergantung pada kondisi tubuh tiap individu. Namun pada umumnya bersifat ringan dan aman. Seperti demam, nyeri di bekas suntikan dan ruam di kulit.

“Reaksi pasca vaksinasi itu wajar seperti demam dan ruam di kulit. Sifatnya hanya sementara, tidak perlu ditakutkan tapi tetap dimonitor,” imbuhnya saat konferensi pers, Rabu (13/1/2021). (cht/as)